69 Senjata & Saran buat Penganut INDIE + LABEL
1. Usahakan agar mengerti Solfes (Solfeggio).
2. Mengerti tangga nada yg berbentuk Chord Notasi (Do,Di,Re,Ri,Mi,dst), bukan Chord yg berbentuk huruf saja (mis : C,D,E,dst)
3. INDIE, itu identik dengan keBEBASan & sulit/enggak bisa di intervensi, namun jangan jadikan itu sebagai tameng buat anda untuk menTOLAK segala masukan buat anda. jika ada masukan yg positif, terimalah itu :)
4. tahan BANTING, artinya siap di hujat penonton, krn yg namanya penonton itu punya kuasa tanpa batas, dapat berbuat PLUS / MINUS bagi anda & wajib bagi anda utk mengendalikan emosi :)
5. dalam kondisi tertentu, anda dapat mengambil peranan instrument lainnya, lalu anda mainkan di instrument anda. misal, anda seorang kibordis. nah, gitaris anda lupa sm melody Interludenya.
6. tdk disarankan utk membuat arransemen yg 'bertabrakan', misal suara piano anda cenderung di oktaf yg rendah, ini bs berakibat pd Bass & polanya bs berantakan.
7. dlm permainan Ansambel seperti Band, Campursari, dll. anda harus 1 jiwa dengan personel lainnya, krn anda tdk bermain sendiri :)
8. pahami lokasi & kondisi. penonton yg muda belum tentu suka lagu" anak muda pd umumnya, sebaliknya penonton yg tua belum tentu suka lagu" yg umum digemari seusianya.
9. jika masih ada waktu luang & kondisi yg pas, jangan terlalu pelit utk menambah jam perform anda. enggak perlu jual mahal lah, eheheheheh :)
10. khusus buat kibordis, jangan memberikan nada dasar ke personel laennya yg dlm kondisi terTRANSPOSE, bisa fatal tuh ntar :)
11. hindari kebiasaan ngeBlock lagu ato menuh"in lagu, gunakan voice yg pas, utk genre tertentu jk terlalu banyak voice yg berbau synth malah bikin km ga kreatif.
12. buat kibordis jg, usahakan memasukkan settingan kalian pd Userprogram/Registration memory, biar gak makan waktu ketika di panggung.
13. Klo mo ngeband jgn memaksakan diri utk pake keyb jenis controller krn itu tidak cocok utk maen live. Pake aja jenis laen khan banyak spt Synth/Arranger.
14. Pilih suara/voice yg pas. Jgn terpancing sm tulisan "Synth" pd keyb kalian itu. Belum tentu yg ada embel"nya kyk gt, suaranya menyerupai aslinya.
15. Tolong dong, klo mo nyanyi dipikir dulu ni acara temanya apa, siapa yg ngadain, waktunya, blablablablabla. Jgn Pasif, bikin suasana lebih hidup, whehehehe....Terutama pd saat hening/pd interlude lagu. Jgn lupa pula beri salam pembuka & penutupnya. Cengkoknya jgn datar, tp santai, jgn kyk org wawancara ya, hehee....
16. Klo lupa ngebawain teksnya jgn bengong kyk 'ITU' lho, hehehe....Langsung aja coba km ajak/interaksi dgn penonton kalian pd waktu kalian lupa teks tsb.
17. buat yg instrument yg berbahan dasar kulit, mika, dsj. Biasakan bawa lap/gombal yg nantinya km gunakan utk meredam dengungan/feedback ketika alat tsb km tinggal & taruh lap tsb diatas kulit alatmu itu.
18. Di posisi perkusi, kebanyakan emosi pemainnya tdk terkontrol dlm membawakan sebuah/semua lagunya. Jgn ngepukul berlebihan/over, krn penonton kupingnya ga tuLLy" amat, ehehehehe....
19. untuk personel alat musik Demung/Saron/Peking/Slenthem/Instrument berbahan dasar logam, kebiasaan yg paling sangat" konyol di posisi ini adalah begitu ada melodi pas waktu Intro+Interlude+Ending, ga usah ngikut", itu bukan tugasmu. Tugasmu adalah memilah" nada lagu scr subyektif, tau khan maksudnya ?, hehehehe
20. untuk personel seruling, terlalu sering sy jumpai di hampir semua Pagelaran Musik yg menggunakan posisi ini, kebanyakan pemainnya pada nekat". tolong dong, klo alat kalian itu udah gak stem/fals jgn dipaksain utk dipake perform lg. Ingat, alat ini gak dpt distem jk nada yg dihasilkan mulai fals. Cari yg tuningnya standart dgn alat musik patent lain spt keyboard ber tunner / FX.
21. untuk personel Violin/Viola/Cello/Erhu/Rebab, tolong utk, klo ga salah namanya Ristock (Alat penggeseknya), sblm kalian tampil agar digesek dgn bahan yg berunsur spt arphus(gondorukem, bhs Jawanya), biar suara yg dihasilkannya nyaring.
22. kalo kalian mengajak suporter, tolong agar mereka diberi nasehat agar mengutamakan simbiosis MUTUALISme, misal :
"sering kt jumpai Band yg membawa banyak teman"nya masuk ke Cafe tempat arena perform, nah, mereka duduknya itu enggak bergerombol tapi pisah" & memakan tempat duduk. dlm kondisi seperti ini yg dirugikan adalah pihak cafe, bisa aja dlm dlm waktu yg sama ada pengunjung lainnya pada membatalkan masuk ke Cafe itu gara" tempat duduknya ada yg nempatin, pdhl yg nempatin cuman 1 orang aja yg tiada lain suporter dari Band itu ndiri :). oya, kalo bisa usahakan agar masing" suporternya jg membeli makan/minuman di cafe lah, biar sama" enak dengan pengelola cafenya :)
23. o iya, biasain nyetem alat anda di bawah panggung/di luar arena perform anda. jangan biasakan waktu anda habis krn hal itu, krn akan berpengaruh pd profesionalisme anda.
24. jk tdk ada MC/Pemandu acara, seorang Vokalis dituntut agar dapat memimpin jalannya acara. ya klo Vokalisnya enggak mampu agar personel lainnya ikut membantu lah, ehehehehehehee... :)
25. jangan lupa menyebut siapa aja yg berperan menyelenggarakan event tsb, entah pihak Cafe, EO, sEponsor atau apa aja :)
26. pd saat sound cek, jangan teriak" ke tukang sound'nya, lbh baik pakai Mic dengan suara yg lbh pelan utk memberitahukan kondisi instrument anda.
27. jangan lupa menyediakan backsound/sound control, agar anda dapat mengontrol suara yg keluar dari instrument anda tsb.
28. nah ini cukup penting juga, kendati pihak penyelenggara sudah menjamin anda dengan makanan + minuman, usahakan agar anda memilih harganya yg agak rendah/rendah, bisa jadi lho jk anda meminta yg harganya WAH, eeeee suatu saat anda enggak dapet job lagi di tempat yg sama :)
29. syukur" di awal perform, anda mempunyai CD pembuka band anda (Opening), dengan begitu bs membuat perform anda mempunyai nilai PLUS :)
30. keBANYAKan dlm prmainan Ansambel spt Band/Campursari/dsj, banyak kasus alur musik menjadi tdk stabil gara" Bass yg dipetik tdk sesuai ketukan ato terlalu cepat/terlambat pd temponya. Diantara alat musik lainnya, Bass adalah posisi yg tdk bs diremehkan & mempunyai tanggung jawab terbesar dlm memelihara tempo. mohon agar lbh waspada buat di posisi ini :)
31. Ada anggapan : Lebih baik alatnya jelek tak apa, yg penting orangnya bisa memainkannya. Paham seperti ini bagi sy kurang pas, karena seorang player dgn tingkat skill yg OK bilamana memainkan instrument yg KO, akan berdampak pada suara yg dihasilkannya. hehehehehe :)
32. Kebanyakan dlm suatu Grup musik, memberikan gaji playernya dgn sama. klo gak gt, berbeda Gaji namun tdk adil. Ini adalah tindakan yg menurut sy rasa"nya kok enggak ADIL ya ?. Bagaimana tdk, contoh aja dlm sebuah Grup Campursari/Dangdut :
Gaji Player Demung = 75rb.
Gaji Player Keyboard = 100rb.
Gaji Player Ukulele = 50rb.
Gaji Player Tamborin = 50rb.
Gaji Player Drum = 100rb.
Gaji Player Violin = 75rb.
Coba dipikir dgn logika. Sy membuktikan ndiri tidak ada kejadian dimana player Demung dlm suatu pentas membawa instrumentnya ndiri, berbeda dgn player lainnya yg membawa alatnya ndiri spt Player Keyboard/Gitar/Bass. Tingkat resiko kerusakan instrument Demung jelas tidak ada dibandingkan mrk yg membawa alat sendiri. Dari deskripsi Gaji diatas, prtanyaanya apakah ADIL dgn gaji yg diberikan ? dgn resiko tingkat kerusakan masing" instrumentnya ? dgn skill masing" personelnya ? Slkn anda jawab ndiri, hehehehehe. Parahnya lagi, banyak Grup Musik yg memberikan gaji seluruh playernya dgn gaji yg SAMA. Sy berani jamin, suatu saat PASTI akan ada kecemburuan antar personel satu dgn yg lainnya :). Maka dari itu, pemimpin grup musik harus bijak dgn tidak menyamaratakan Gaji masing" personelnya. Harus mengkondisikan dgn tingkat kesulitan/skill/resiko/dll nya.
33. Sering terjadi dimana awal" grup musik berdiri, menggunakan penyanyi/vokalis ala kadarnya maksudnya adalah mutu/suara vokalis tsb pas"an ato tdk layak utk ditampilkan. Sehingga, suatu saat seiring berjalannya waktu, grup musik tsb akan sadar akan kelemahan itu & menjadi sungkan utk mengeluarkan (memecat) vokalis tsb dr grup nya. Maka dr itu saran sy, jk kalian mendirikan grup, harus memusyawarahkan/ memastikan kondisi masing" personelnya & mpy janji agar jk salah satu player mengalami masalah, siap dikeluarkan dgn lapang dada.
34. Dalam suatu latihan musik, sangat terlalu banyak grup yg tdk mempunyai project dlm latihan musik. Misalkan aja, ketika latihan, personel grup menghiraukan permintaan lagu dari penonton latihan tsb & ini dilakukan scr berulang" dlm latihan. Ini sangat SALAH ! Sy seringkali berpikir :
"Ini Grup gmn sih ? Masak Latihan kyk Tampil Live & Tampil Live kyk Latihan" ??????.
Sy berharap agar grup musik mempunyai project yg matang dlm latihan, shg jk suatu saat kelak tampil, tdk malu"in grup musiknya ndiri !.
35. Banyak orang keliru mencari nada dasar lagu, salah satu faktor yg sering terjadi adalah mrk mencari nada dasar dgn posisi duduk. Ini jelas sangat" mempengaruhi diafragma & tinggi rendahnya nada lagu. Lha trus caranya gmn ? Gampang ! Pake logika aja, yg namanya org nyanyi kebanyakan berdiri khan ? (kecuali sinden). Nah, dlm posisi berdiri, Cari emosi (biasanya nadanya mengejan/tinggi) dlm lirik lagu tsb, biasanya bukan di awal lirik lagu tsb, namun tergantung dengan karakteristik lagunya, lalu samakan & cari nada dasarnya dgn instrumentnya.
36. SOMBONG, perlukah itu ?
Makhluk Hidup yg berNurani jk mendengar kata tsb mesti langsung negatif thinking duluan khan ? SOMBONG itu Perlukah ? PERLU, tapi lihat dulu utk apa SOMBONG itu dilakukan ?!.
Seringkali teman", sblm manggung eeeeee lha kok mentalnya keBANYAKan pada DOWN, lalu bagaimanakah cara mengatasinya ? Berikut langkahnya menurut sy :
'Anggap seluruh Makhluk Hidup yg ada di depan anda itu LEBIH RENDAH skill nya dibandingkan anda !. Lakukan HANYA di HATI saja alias di BATIN aja, JANGAN di ucapkan !.'
INGAT : Langkah tsb alangkah lbh baiknya dilakukan dengan memperhatikan MUSIKALITAS anda yg Positif :)
Langkah simpel tsb sdh pernah sy lakukan pd teman" musisi yg mentalnya gampang DOWN, hasilnya keBANYAKan jd pada PD, ehheheheheheh :)
37. jangan lupa buat teman" agar membuat kartu nama/ brosur yg berisi Genre" yg dikuasai + identitasnya.
38. jk anda lagi perform di BAR, PUB, CAFE, DISKOTIK, dsj. anda tdk perlu ikut arusnya penonton. yg pernah terjadi adalah salah satu/banyak personel band ikut"an berperan sbg penonton, pdhl seharusnya dia dlm kondisi melayani penonton dengan performnya. bisa jadi itu akibat pengaruh penonton utk mengajak personel tsb mengikuti jejaknya ATAU jangan" mental personel itu sendiri yg goyah & mudah terpengaruh. oya, klo selesai perform ya selalu berpikir positif lah, jangan sampai bertindak ke 'ITU' lho, aahahhahahahahahaha ;)
39. nah ini ide OK, jk anda sudah berkali" perform di tempat yg sama namun enggak/jarang mendapatkan apresiasi, suruhlah teman anda yg bukan pemalu utk melihat perform kalian. lalu suruh dia request/minta lagu disaat kalian perform, syukur" teman anda tsb mau megang MIC & memberikan apresiasi PLUS ttg perform grup anda tsb. sy pernah mengaplikasikan hal ini & hasilnya sangat efektif, syukurlah grup tsb jadi langganan tetap di tempat tsb.
40. jk ada chord/bagian" pd lagu yg lupa/keliru, biasanya Vokalis itu reflek langsung menghadap ke Drumer/Gitaris/Kibordis/Bassis, dll. klo bisa jangan seperti itu lah, itu justru malah bisa scr enggak langsung nunjukin kelemahan kalian dihadapan penonton, krn scr otomatis pandangan penonton jadi teralih ke apa yg vokalis pandangi, KECUALI jk kesalahan mereka para personelnya benar" fatal :)
41. buat preventif, jangan lupa sediain stavolt untuk mengantisipasi tegangan naik/turun, bawa kabel secukupnya utk sambungan ke mixer, dll.
42. klo habis perform, tata kabelnya yg rapi & jangan nekuk", krn bs berpengaruh pd kualitas barang itu ato malah" bs putus sambungannya, ehehehhe :D
43. jangan biasakan datang telat, lbh baik nyampe duluan drpd kena Omel/ di bleglis, ehehehhehehe :D
44. jangan selalu memasrahkan tinggi rendahnya nada instrument anda dengan tunner, belum tentu jk udh cocok dengan tuner itu trus aman bagi alat anda itu, sy kasih saran aja : mainkan style/song/demo di keyboard lalu cocokkan chordnya lagu tsb dengan instrument anda dengan posisi chordnya sama namun penempatannya berbeda :)
45. dalam Pagelaran Seni Musik Ethnic (Campursari/Gamelan) yg instrumentnya Gamelan (Demung, Saron, Peking, Gong, dll), seumpama kibod anda tdk memiliki fasilitas Tunernya, itu berarti untuk alatmusik Diatonis seperti Gitar, Bass, dsj nya tinggi rendahnya harus standart dengan kibod, bukan dengan instrument Ethnic tsb :)
46. keBANYAKan Gitaris dlm aksinya di panggung sering overload dlm membuka potensio volumenya dlm kondisi non FX vs FX, tiba" ketika di Bypass suara menjadi keras, maka dr itu sblm aksi dimulai, coba cek dulu balance nya.
47. Klo pake FX, gunakan pilihan suara yg pas, jgn kontra dgn genrenya. Memetik senar, jgn selalu ketergantungan sm Pick. Ingat, sesuaikan genrenya krn tdk selamanya Pick tsb dibutuhkan.
48. buat Vocalis, jk suara km fals, makan kencur mentah", lalu serap airnya, minum air tsb & jgn lupa buang sepahnya. Lakukan Pagi & Malam hari selama +/- 3 Bulan atau secukupnya, sambil teriak", gak sampe keras tp sampe dahaknya keluar....
49. Ini yg 'AMAT SANGAT TERLALU PALING' keBANGETen, buat Drummer yg 'BANDEL' ya yg etis dong, knp ? maksudnya diantara personel laen, ada Drummer yg malas modal, apa" minta yg gratisan, lihat temen"mu sono loh, kibod+gitar+bass, mbawa ndiri. km yg gak mbawa drum aja.........eeeeeeee cuman STICK doank aja kok gak modal, ya pulang aja km ga usah perform. hehehehehe.....-
50. kendati kalian Penganut INDIE, namun ini PENTING jg lho, usahakan kalian mengenal Multi Genre, misalkan Genre utama kalian adalah Dangdut, usahakan agar kalian mempelajari ya paling enggak 3/4/5/bbrp lagu yg berGenre lain, karena tdk menutup kemungkinan ada penonton yg minta lagu berGenre selain Dangdut & kebetulan mereka minta lagu yg kalian udh kenal, misal Salsa. seumpama lagu yg ke 1 kalian tawarkan ke penonton itu & dia enggak bisa, kalian tawarin alternatif lagu lain yg berGenre Salsa tsb. Di logika penonton tsb kebanyakan adalah :
"Ohhhh, mereka musisi Dangdut, tapi ketika sy mintain lagu XXX yg berGenre Salsa dia enggak bisa, tapi dia bisa lagu ZZZ berGenre Salsa yg laen, bisa jadi dia bs lagu yg berSalsa laennya. Bagus tuh"
laen halnya klo kalian enggak mengenal Genre selain yg kalian kuasain itu, kebanyakan penonton akan berpikiran :
"ahhhh, mereka kumintain lagu yg berGenre Salsa enggak bisa, kapok ah"
ehhehehehhe :)
51. akan lbh baik lagi jk seorang Vocalis itu terjun dari panggung & ngedatengin penonton yg respek dengan perform kalian, dengan begitu kalian mempunyai nilai + dihadapan mereka. yaaaa, ajak bernyanyi bareng, bercanda ato apa aja yg penting jangan kelewatan :)
52. biasanya dlm perform itu sering ada/banyak penonton yg ikut"an mejeng dibelakan personelnya, kalian suruh mereka turun aja drpd ntar panggungnya roboh ato kesetrum ato apa aja, ehehehehehe.....
53. buat tukang SON SISTEM, jangan terpancing sm knob volumenya Kibod (external), krn biasanya ada kibordis yg volumenya tampak jelas di set full/notog, eeeee ternyata itu hanya akal"an aja, krn biasanya dlm parameter internal kibod itu ada mixer utk pengaturan volume, nah klo kelak ada suaranya yg tiba" keras, bisa jadi kibordis itu main curang, ehehehehehehehehe.........
54. untuk mengatasi lagu yg enggak ngerti Chordnya, jangan teriak" krn itu percuma aja sebab ketika perform, suara personelnya pasti lbh lirih dibandingkan instrumentnya. biasakan memberikan tanda/aba"/kode yg berupa Jari tangan kita, untuk melambangkan Chord/Nadanya, drpd dianggap SOK sama penonton :)
55. nah, jk suatu saat kalian perform di tempat yg banyak orang asingnya & ternyata kalian mengalami kendala dlm pengucapan bahasanya, kalian bisa menambahkan FX delay/Echo pd MIC. mungkin saran ini dianggap mengada", tapi jk anda dpt menyikapinya dengan cermat, bisa aja menganggap masukan ini masuk akal, eheheheh :)
56. hindari minta fasilitas yg berlebihan kpd tempat anda perform, contohnya dikit" minta dijemput pake Mobil. manja banget sih ? ehehehehhe....
57. jk ada lagu yg diprediksi dpt membuat penonton ikut bernyanyi bersama, berilah nada dasar yg ADIL, maksudnya nada dasar tsb dpt dibawakan oleh Pria & Wanita.
58. buat personel apa aja yg perform di panggung, mohon agar enggak membelakangi sound kontrol, biar enggak mengganggu pendengaran teman yg lagi perform.
59. sering sy jumpain ada orang laen yg ikutan mejeng di panggung, lbh baik orang tsb disuruh turun aja kecuali jk orang tsb benar" dibutuhkan, krn bukannya enggak mungkin keberadaan orang laen itu dpt mengganggu perform anda & membuat citra dlm video perform anda menjadi minus :)
60. hindari candaan yg berunsur SARA, krn bukannya enggak mungkin nama baik anda akan dicap menjadi minus & bs membuat perform anda menjadi berantakan.
61. lbh baik anda tdk menyebut instansi/siapa aja yg tdk berperan dlm perform anda, krn bukannya tdk mungkin jk instansi/cafe tempat anda perform itu akan tersinggung pd ucapan anda tsb :)
62. buat kibordis, jangan menaruh media MMC/Disket/FlashDisk anda diatas spiker, krn magnet spiker tsb dpt membuat media anda KO. :)
63. buat drummer, jk Genre yg dimainkan adalah Dangdut, hindari tendangan pd Kick/Bass Drum, krn akan berpengaruh pd DHUTnya si Ketipung/Tabla.
64. buat MC, jangan kebiasaan memimpin acara dlm kondisi konsep yg enggak jelas, lbh baik sblm acara dimulai, anda mengkonfirmasi/meminta petunjuk apa aja materi yg akan dijalankan pd acara itu.
65. buat tukang SON SISTEM, tolong agar memberikan BackSound utk masing" personel yg lagi perform, jangan cukup memberikan sound control aja :) utk volume Back Sound harus imbang dengan Sound Control, utk volume mereka HARUS lbh keras dibandingkan Sound Buang, duh bahasanya apa ya ? gak tau sy, wkwkwkwk.....
66. untuk player/personel yg instrumentnya laptop/perangkat eksternal digital, agar suara yg anda tekan & bunyinya selaras, pakai soundcard eksternal utk menghindari latency / jeda waktu.
67. usahakan bawa instrument sendiri biar ntar performnya enggak berantakan :)
68. ingat nama baik grup kalian & jangan lupakan jasa siapa saja yg telah mendukungmu.
69. enggak kerasa ini point yg terakhir, ehehehhehehe..... semoga teman" semua dapat memahami hal" tsb dengan BIJAK.
yaaaaaaahhh, apa yg sy ketik diatas adalah solusi daripada enggak ada jalan keluarnya :) udah ah, capek ngetiknya. ehehehehhehe....
salam
becaksinting