100 Senjata & Saran buat para Pekerja Seni Profesional
dlm hal ini seperti musisi yg aktif sbg Pekerja Praktis/Entertainer (Band Cafe, Organ Tunggal, PeNGAMEN Profesional, dsj). oya, butuh waktu yg lumayan enggak lama buat coretan kyk gini, hampir 1/3 ABAD lho, ehehehhee.....makanya ntar jangan ada yg tersinggung, krn sy ngungkapin Fakta & bukan sekedar wacana aja :)
1. diTUNTUT WAJIB mengerti Solfes (Solfeggio).
2. mengerti tangga nada yg berbentuk Chord Notasi (Do,Di,Re,Ri,Mi,dst), bukan Chord yg berbentuk huruf saja (mis : C,D,E,dst)
3. TIDAK berdiri diatas IDEALISmenya, krn anda menjual jasa & mau enggak mau anda harus nurutin kemauannya penonton :)
4. mengerti BANYAK aliran musik, bukan ALLROUND / ALLGENRE tapi MULTI GENRE.
5. bisa 'mengAKALi' lagu yg berGENRE A, krn atas permintaan penonton GENRE tsb dirubah menjadi GENRE X,Y,Z.
6. tahu nada dasar BANYAK Lagu & mengerti cara pengambilan nada dasar pada penyanyi Pria & Wanita.
7. tahan BANTING, artinya siap di hujat penonton, krn yg namanya penonton itu punya kuasa tanpa batas, dapat berbuat PLUS / MINUS bagi anda & wajib bagi anda utk mengendalikan emosi :)
8. anda harus siap mencari solusinya jika ada Lagu yg belum anda kenal & dimainkan beberapa jam kemudian, jk mo latihan rasanya belum tentu mungkin. maka dari itu perkuatkan daya ingat anda :)
9. anda dapat mengambil peranan instrument lainnya, lalu anda mainkan di instrument anda. misal, anda seorang kibordis. nah, gitaris anda lupa sm melody Interludenya.
10. tdk disarankan utk membuat arransemen yg 'bertabrakan', misal suara piano anda cenderung di oktaf yg rendah, ini bs berakibat pd Bass & polanya bs berantakan.
11. jenis permainannya praktis, anda tdk perlu membuat aransemen yg asli lagunya, namun anda dapat bermain yg mirip, beda tak apa yg penting esensinya sama :)
12. bertindak bijak dlm membagi saweran/uang tips, jangan sampai rebutan di waktu perform :)
13. jika ada lagu yg terlihat kosong/sepi, anda bisa menambahkan variasi sesukanya yg penting enggak neko", ehehehehe :)
14. dlm permainan Ansambel seperti Band, Campursari, dll. anda harus 1 jiwa dengan personel lainnya, krn anda tdk bermain sendiri :)
15. pahami lokasi & kondisi. penonton yg muda belum tentu suka lagu" anak muda pd umumnya, sebaliknya penonton yg tua belum tentu suka lagu" yg umum digemari seusianya.
16. jika masih ada waktu luang & kondisi yg pas, jangan terlalu pelit utk menambah jam perform anda. enggak perlu jual mahal lah, eheheheheh :)
17. jangan lupa membawa buku lagu, catatan chord ato perlengkapan perform lainnya. yahhh, sekedar jaga" aja lah :)
18. khusus buat kibordis, jangan memberikan nada dasar ke personel laennya yg dlm kondisi terTRANSPOSE, bisa fatal tuh ntar :)
19. hindari kebiasaan ngeBlock lagu ato menuh"in lagu, gunakan voice yg pas, utk genre tertentu jk terlalu banyak voice yg berbau synth malah bikin km ga kreatif.
20. buat kibordis jg, usahakan memasukkan settingan kalian pd Userprogram/Registration memory, biar gak makan waktu ketika di panggung.
21. Klo mo ngeband jgn memaksakan diri utk pake keyb jenis controller krn itu tidak cocok utk maen live. Pake aja jenis laen khan banyak spt Synth/Arranger.
22. Pilih suara/voice yg pas. Jgn terpancing sm tulisan "Synth" pd keyb kalian itu. Belum tentu yg ada embel"nya kyk gt, suaranya menyerupai aslinya.
23. Tolong dong, klo mo nyanyi dipikir dulu ni acara temanya apa, siapa yg ngadain, waktunya, blablablablabla. Jgn Pasif, bikin suasana lebih hidup, whehehehe....Terutama pd saat hening/pd interlude lagu. Jgn lupa pula beri salam pembuka & penutupnya. Cengkoknya jgn datar, tp santai, jgn kyk org wawancara ya, hehee....
24. Klo lupa ngebawain teksnya jgn bengong kyk 'ITU' lho, hehehe....Langsung aja coba km ajak/interaksi dgn penonton kalian pd waktu kalian lupa teks tsb.
25. buat yg instrument yg berbahan dasar kulit, mika, dsj. Biasakan bawa lap/gombal yg nantinya km gunakan utk meredam dengungan/feedback ketika alat tsb km tinggal & taruh lap tsb diatas kulit alatmu itu.
26. Di posisi perkusi, kebanyakan emosi pemainnya tdk terkontrol dlm membawakan sebuah/semua lagunya. Jgn ngepukul berlebihan/over, krn penonton kupingnya ga tuLLy" amat, ehehehehe....
27. untuk personel alat musik Demung/Saron/Peking/Slenthem/Instrument berbahan dasar logam, kebiasaan yg paling sangat" konyol di posisi ini adalah begitu ada melodi pas waktu Intro+Interlude+Ending, ga usah ngikut", itu bukan tugasmu. Tugasmu adalah memilah" nada lagu scr subyektif, tau khan maksudnya ?, hehehehe
28. untuk personel seruling, terlalu sering sy jumpai di hampir semua Pagelaran Musik yg menggunakan posisi ini, kebanyakan pemainnya pada nekat". tolong dong, klo alat kalian itu udah gak stem/fals jgn dipaksain utk dipake perform lg. Ingat, alat ini gak dpt distem jk nada yg dihasilkan mulai fals. Cari yg tuningnya standart dgn alat musik patent lain spt keyboard ber tunner / FX.
29. untuk personel Tamborin, biar ada kesan kalian kreatif, tolong perhatikan rhytmic/iramanya wkt kalian memainkannya. Jgn standart aja, maksudnya dlm 1 genre lagu, iramanya monoton :)
30. untuk personel Violin/Viola/Cello/Erhu/Rebab, tolong utk, klo ga salah namanya Ristock (Alat penggeseknya), sblm kalian tampil agar digesek dgn bahan yg berunsur spt arphus(gondorukem, bhs Jawanya), biar suara yg dihasilkannya nyaring.
31. kalo kalian mengajak suporter, tolong agar mereka diberi nasehat agar mengutamakan simbiosis MUTUALISme, misal :
"sering kt jumpai Band yg membawa banyak teman"nya masuk ke Cafe tempat arena perform, nah, mereka duduknya itu enggak bergerombol tapi pisah" & memakan tempat duduk. dlm kondisi seperti ini yg dirugikan adalah pihak cafe, bisa aja dlm dlm waktu yg sama ada pengunjung lainnya pada membatalkan masuk ke Cafe itu gara" tempat duduknya ada yg nempatin, pdhl yg nempatin cuman 1 orang aja yg tiada lain suporter dari Band itu ndiri :). oya, kalo bisa usahakan agar masing" suporternya jg membeli makan/minuman di cafe lah, biar sama" enak dengan pengelola cafenya :)
32. klo ada request anda jangan pilih kasih, mentang" ada yg ngasih tips/saweran banyak, eeeee lagu yg sdh di jadwal & yg sudah di antri enggak dilayanin. ingat, harga diri anda bukan pada materi, tapi pd tindakan anda yg BIJAK :)
33. usahakan jk eventnya resmi, anda memakai kostum yg sesuai dengan kondisi tsb :)
34. jk anda personel freelance/cabutan, anda harus menganggap grup yg diikutin itu bukan sbg grup lain, tapi jadikan itu layaknya grup anda sendiri, maka dari itu perform anda jangan dibeda"in, krn itu berpengaruh sm nama baik anda ndiri :)
35. jk pagelaran musik anda berGenre A, lalu ada yg meminta lagu berGenre B/C/D, jangan melulu diturutin. anda harus adil dengan tetap membawakan warna asli Genre anda tsb :)
36. klo ada Vokalis/Tamu yg menyumbangkan lagu, berilah musik pengiring (SPOT) utk langkahnya menuju ke panggung perform anda. Jangan biarkan kosongan :)
37. o iya, biasain nyetem alat anda di bawah panggung/di luar arena perform anda. jangan biasakan waktu anda habis krn hal itu, krn akan berpengaruh pd profesionalisme anda.
38. jk tdk ada MC/Pemandu acara, seorang Vokalis dituntut agar dapat memimpin jalannya acara. ya klo Vokalisnya enggak mampu agar personel lainnya ikut membantu lah, ehehehehehehee... :)
39. jangan lupa menyebut siapa aja yg berperan menyelenggarakan event tsb, entah pihak Cafe, EO, sEponsor atau apa aja :)
40. pd saat sound cek, jangan teriak" ke tukang sound'nya, lbh baik pakai Mic dengan suara yg lbh pelan utk memberitahukan kondisi instrument anda.
41. jangan lupa menyediakan backsound/sound control, agar anda dapat mengontrol suara yg keluar dari instrument anda tsb.
42. nah ini cukup penting juga, kendati pihak penyelenggara sudah menjamin anda dengan makanan + minuman, usahakan agar anda memilih harganya yg agak rendah/rendah, bisa jadi lho jk anda meminta yg harganya WAH, eeeee suatu saat anda enggak dapet job lagi di tempat yg sama :)
43. syukur" di awal perform, anda mempunyai CD pembuka band anda (Opening), dengan begitu bs membuat perform anda mempunyai nilai PLUS :)
44. jk anda sebagai Pekerja Indie juga, anda bs menampilkan karya tsb dengan memperkenalkan lagu tsb ke hadapan penonton, agar lbh menarik silakan berikan konsep/latar belakang lagu tsb :)
45. jangan berPrinsip bahwa lagu XXX itu nada dasar Aslinya adalah Do=C, nah dlm suatu event anda memberikan nada dasar tsb ke vokalis/penonton. perlu diketahui bahwa jika jenis kelamin/usia/kondisinya beda, maka nada dasarpun keBANYAKan adalah beda pula :)
46. dalam pengambilan nada dasar itu jangan sampai seorang vokalis/penonton yg mo nyanyi mengambil nada dasar dengan memakai MIC, usahakan agar mereka membisikkan lagunya dengan mendekat ke telinganya personel grup itu.
47. keBANYAKan dlm prmainan Ansambel spt Band/Campursari/dsj, banyak kasus alur musik menjadi tdk stabil gara" Bass yg dipetik tdk sesuai ketukan ato terlalu cepat/terlambat pd temponya. Diantara alat musik lainnya, Bass adalah posisi yg tdk bs diremehkan & mempunyai tanggung jawab terbesar dlm memelihara tempo. mohon agar lbh waspada buat di posisi ini :)
48. Ada anggapan : Lebih baik alatnya jelek tak apa, yg penting orangnya bisa memainkannya. Paham seperti ini bagi sy kurang pas, karena seorang player dgn tingkat skill yg OK bilamana memainkan instrument yg KO, akan berdampak pada suara yg dihasilkannya. hehehehehe :)
49. Kebanyakan uang tip/sawer/bonus dlm setiap pertunjukkan, dimiliki oleh Manager/Pemimpin Grup/MC/Penyanyi, wlpn tdk semuanya spt itu. Jarang sekali seluruh personel mendapatkan bagian uang tsb. Sbg saran aja, jk ada yg memberi uang yg menunjuk langsung pd subyeknya, contoh : "Uang ini buat anda ya Mbak Penyanyi xxx", itu adalah hak Penyanyi tsb. Namun jk tak ada ucapan apapun dr Pemberi Tip, maka uang tsb adalah HAK seluruh player dlm pertunjukkan tsb & harus dibagi RATA, berbeda dgn gaji masing" player.
50. Kebanyakan dlm suatu Grup musik, memberikan gaji playernya dgn sama. klo gak gt, berbeda Gaji namun tdk adil. Ini adalah tindakan yg menurut sy rasa"nya kok enggak ADIL ya ?. Bagaimana tdk, contoh aja dlm sebuah Grup Campursari/Dangdut :
Gaji Player Demung = 75rb.
Gaji Player Keyboard = 100rb.
Gaji Player Ukulele = 50rb.
Gaji Player Tamborin = 50rb.
Gaji Player Drum = 100rb.
Gaji Player Violin = 75rb.
Coba dipikir dgn logika. Sy membuktikan ndiri tidak ada kejadian dimana player Demung dlm suatu pentas membawa instrumentnya ndiri, berbeda dgn player lainnya yg membawa alatnya ndiri spt Player Keyboard/Gitar/Bass. Tingkat resiko kerusakan instrument Demung jelas tidak ada dibandingkan mrk yg membawa alat sendiri. Dari deskripsi Gaji diatas, prtanyaanya apakah ADIL dgn gaji yg diberikan ? dgn resiko tingkat kerusakan masing" instrumentnya ? dgn skill masing" personelnya ? Slkn anda jawab ndiri, hehehehehe. Parahnya lagi, banyak Grup Musik yg memberikan gaji seluruh playernya dgn gaji yg SAMA. Sy berani jamin, suatu saat PASTI akan ada kecemburuan antar personel satu dgn yg lainnya :). Maka dari itu, pemimpin grup musik harus bijak dgn tidak menyamaratakan Gaji masing" personelnya. Harus mengkondisikan dgn tingkat kesulitan/skill/resiko/dll nya.
51. Sering terjadi dimana awal" grup musik berdiri, menggunakan penyanyi/vokalis ala kadarnya maksudnya adalah mutu/suara vokalis tsb pas"an ato tdk layak utk ditampilkan. Sehingga, suatu saat seiring berjalannya waktu, grup musik tsb akan sadar akan kelemahan itu & menjadi sungkan utk mengeluarkan (memecat) vokalis tsb dr grup nya. Maka dr itu saran sy, jk kalian mendirikan grup, harus memusyawarahkan/ memastikan kondisi masing" personelnya & mpy janji agar jk salah satu player mengalami masalah, siap dikeluarkan dgn lapang dada.
52. Dalam suatu latihan musik, sangat terlalu banyak grup yg tdk mempunyai project dlm latihan musik. Misalkan aja, ketika latihan, personel grup menghiraukan permintaan lagu dari penonton latihan tsb & ini dilakukan scr berulang" dlm latihan. Ini sangat SALAH ! Sy seringkali berpikir :
"Ini Grup gmn sih ? Masak Latihan kyk Tampil Live & Tampil Live kyk Latihan" ??????.
Sy berharap agar grup musik mempunyai project yg matang dlm latihan, shg jk suatu saat kelak tampil, tdk malu"in grup musiknya ndiri !.
53. Dalam suatu Pagelaran Seni Musik, ada kejadian lucu dimana seorang player keyboard dimintain lagu oleh seorang penyanyi (non profesional), dgn nada dasar tertentu, misalkan Do=C, ketika dipraktekkan, nadanya sumbang, lalu penyanyi tsb marah" krn tdk kuat. Usut punya usut, ternyata Lagu tsb dimainkan oleh anak penyanyi tsb dgn instrument Gitar. Padahal, nada Gitar khan bs diubah", berbeda dgn alat musik paten/yg mpy alat pengubah nada spt Keyb. Sy klo ingat jd ketawa, hahahahahahaha. Maka dari itu, jk ingin mencari nada dasar suatu lagu, carilah alat musik yg paten nadanya spt Keyboard dgn ukuran Transpose = 0 & Tune = 0 atau 440Hz di A oktaf ke 4 nya.
54. Banyak orang keliru mencari nada dasar lagu, salah satu faktor yg sering terjadi adalah mrk mencari nada dasar dgn posisi duduk. Ini jelas sangat" mempengaruhi diafragma & tinggi rendahnya nada lagu. Lha trus caranya gmn ? Gampang ! Pake logika aja, yg namanya org nyanyi kebanyakan berdiri khan ? (kecuali sinden). Nah, dlm posisi berdiri, Cari emosi (biasanya nadanya mengejan/tinggi) dlm lirik lagu tsb, biasanya bukan di awal lirik lagu tsb, namun tergantung dengan karakteristik lagunya, lalu samakan & cari nada dasarnya dgn instrumentnya.
55. Dalam Genre Koplo, seseorang lbh banyak mengkolaborasikan Genre Rock, pdhl masih banyak Genre yg bs dikolaborasikan dgn Genre Koplo, spt Salsa, Jazz, Bossanova, Gambus, dll.
56. SOMBONG, perlukah itu ?
Makhluk Hidup yg berNurani jk mendengar kata tsb mesti langsung negatif thinking duluan khan ? SOMBONG itu Perlukah ? PERLU, tapi lihat dulu utk apa SOMBONG itu dilakukan ?!.
Seringkali teman", sblm manggung eeeeee lha kok mentalnya keBANYAKan pada DOWN, lalu bagaimanakah cara mengatasinya ? Berikut langkahnya menurut sy :
'Anggap seluruh Makhluk Hidup yg ada di depan anda itu LEBIH RENDAH skill nya dibandingkan anda !. Lakukan HANYA di HATI saja alias di BATIN aja, JANGAN di ucapkan !.'
INGAT : Langkah tsb alangkah lbh baiknya dilakukan dengan memperhatikan MUSIKALITAS anda yg Positif :)
Langkah simpel tsb sdh pernah sy lakukan pd teman" musisi yg mentalnya gampang DOWN, hasilnya keBANYAKan jd pada PD, ehheheheheheh :)
57. jangan lupa buat teman" agar membuat kartu nama/ brosur yg berisi Genre" yg dikuasai + identitasnya.
58. jk anda lagi perform di BAR, PUB, CAFE, DISKOTIK, dsj. anda tdk perlu ikut arusnya penonton. yg pernah terjadi adalah salah satu/banyak personel band ikut"an berperan sbg penonton, pdhl seharusnya dia dlm kondisi melayani penonton dengan performnya. bisa jadi itu akibat pengaruh penonton utk mengajak personel tsb mengikuti jejaknya ATAU jangan" mental personel itu sendiri yg goyah & mudah terpengaruh. oya, klo selesai perform ya selalu berpikir positif lah, jangan sampai bertindak ke 'ITU' lho, aahahhahahahahahaha ;)
59. nah ini ide OK, jk anda sudah berkali" perform di tempat yg sama namun enggak/jarang mendapatkan apresiasi, suruhlah teman anda yg bukan pemalu utk melihat perform kalian. lalu suruh dia request/minta lagu disaat kalian perform, syukur" teman anda tsb mau megang MIC & memberikan apresiasi PLUS ttg perform grup anda tsb. sy pernah mengaplikasikan hal ini & hasilnya sangat efektif, syukurlah grup tsb jadi langganan tetap di tempat tsb.
60. dulu sewaktu sy masih ngamen, sy berpedoman klo sy ini adalah BURUH & penonton itu adalah RAJAnya. kalimat ini sepertinya kasar, namun jk Esensinya dpt dipahamin, bisa mempunyai TRILYUNan arti, wkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwk..........
61. jk ada chord/bagian" pd lagu yg lupa/keliru, biasanya Vokalis itu reflek langsung menghadap ke Drumer/Gitaris/Kibordis/Bassis, dll. klo bisa jangan seperti itu lah, itu justru malah bisa scr enggak langsung nunjukin kelemahan kalian dihadapan penonton, krn scr otomatis pandangan penonton jadi teralih ke apa yg vokalis pandangi, KECUALI jk kesalahan mereka para personelnya benar" fatal :)
62. buat preventif, jangan lupa sediain stavolt untuk mengantisipasi tegangan naik/turun, bawa kabel secukupnya utk sambungan ke mixer, dll.
63. buat kibordis, klo mo ngerokok silakan asal tau situasi & tempatnya, jangan sampe kena tutsnya ya pak :)
64. oya, umpama pas waktunya intro/interlude, trus tiba" ada yg penyumbang lagu secara tiba" langsung nyanyi, kalian ikutin aja apa maunya vokalis tsb, krn bagaimanapun jg di dunia entertain itu kebanyakan personelnya harus nurutin apa maunya si Vokalis, kendati ada bagian" yg bukan pd tempatnya :)
65. klo habis perform, tata kabelnya yg rapi & jangan nekuk", krn bs berpengaruh pd kualitas barang itu ato malah" bs putus sambungannya, ehehehhe :D
66. jangan biasakan datang telat, lbh baik nyampe duluan drpd kena Omel/ di bleglis, ehehehhehehe :D
67. nah ini dia yg membuat sy geleng". Ternyata seorang vokalis dangdut lebih garang/berani/tegas/lantang menyanyikan lagu pdhl lagu tsb berasal dari genre yg berbeda(non dangdut). Berbeda dgn vokalis band spt Rock. Anda tdk percaya ? silakan buktikan sendiri kebenarannya :)
68. jangan selalu memasrahkan tinggi rendahnya nada instrument anda dengan tunner, belum tentu jk udh cocok dengan tuner itu trus aman bagi alat anda itu, sy kasih saran aja : mainkan style/song/demo di keyboard lalu cocokkan chordnya lagu tsb dengan instrument anda dengan posisi chordnya sama namun penempatannya berbeda :)
69. dalam Pagelaran Seni Musik Ethnic (Campursari/Gamelan) yg instrumentnya Gamelan (Demung, Saron, Peking, Gong, dll), seumpama kibod anda tdk memiliki fasilitas Tunernya, itu berarti untuk alatmusik Diatonis seperti Gitar, Bass, dsj nya tinggi rendahnya harus standart dengan kibod, bukan dengan instrument Ethnic tsb :)
70. eh, ternyata sebagian besar dari masyarakat kita lebih menyukai karya musisi dgn komposisi musik yg keluar jalur, maksudnya adalah komposisi yg apa adanya dengan sbg contohnya adalah CD Pagelaran Orkes Dangdut dgn Hasil rekam scr Live. Masyarakat lbh menyukainya, namun sedikit yg menyukai musik dgn komposisi yg benar & dgn hasil recording yg benar pula. Hingga pd akhirnya, kebanyakan musisi yg mempunyai Grup kecil"an, ikut"an recording dgn cara simple lalu langsung dijual di pasaran, tak jarang hasilnya laku di pasaran wlpn komposisi musiknya berantakan.
71. Gitaris dlm aksinya di panggung sering overload dlm membuka potensio volumenya dlm kondisi non FX vs FX, tiba" ketika di Bypass suara menjadi keras, maka dr itu sblm aksi dimulai, coba cek dulu balance nya.
72. Klo pake FX, gunakan pilihan suara yg pas, jgn kontra dgn genrenya. Memetik senar, jgn selalu ketergantungan sm Pick. Ingat, sesuaikan genrenya krn tdk selamanya Pick tsb dibutuhkan.
73. buat Vocalis, jk suara km fals, makan kencur mentah", lalu serap airnya, minum air tsb & jgn lupa buang sepahnya. Lakukan Pagi & Malam hari selama +/- 3 Bulan, sambil teriak", gak sampe keras tp sampe dahaknya keluar....
74. Ini yg 'AMAT SANGAT TERLALU PALING' keBANGETen, buat Drummer yg 'BANDEL' ya yg etis dong, knp ? maksudnya diantara personel laen, ada Drummer yg malas modal, apa" minta yg gratisan, lihat temen"mu sono loh, kibod+gitar+bass, mbawa ndiri. km yg gak mbawa drum aja.........eeeeeeee cuman STICK doank aja kok gak modal, ya pulang aja km ga usah perform. hehehehehe.....-
75. buat personel Demung/Saron/Peking/Slenthem/Instrument berbahan dasar logam, sblm kalian tampil, biasakan utk mempersiapkan program kerja yg matang. Biasanya dlm posisi ini banyak yg menggunakan pakem/aturan yg terlalu mengikat shg byk terjadi ketidaksinkron'an antara lagu yg berscale Diatonis & Pentatonis. Klo lagunya berscale Diatonis, gunakan scale yg Diatonis pula.
76. keBANYAKan masyarakat kt pada umumnya ternyata blm siap menerima varian Chord Scale seperti M7, min7, dim, aug, sus, contrabass, karena mereka menganggap musik yg berScale tsb adalah sumbang/false. KeBANYAKan mereka lbh menyukai Chord Scale yg simple spt M & m. nah, buat teman" bs mempertimbangkan pemakaian Chordnya dengan Bijak :)
77. seumpama ada lagu yg Intro & Interludenya enggak kalian ketahuin, bs diAKALin dengan memberikan Melody seperti lagunya, nah utk Endingnya enggak perlu repot", cukup pake Fill ini + kasih Rittardando alias tempo yg makin lama makin lambat = BERES, ehehehehehe :)
78. ini PENTING jg lho, usahakan kalian mengenal Multi Genre, misalkan Genre utama kalian adalah Dangdut, usahakan agar kalian mempelajari ya paling enggak 3/4/5/bbrp lagu yg berGenre lain, karena tdk menutup kemungkinan ada penonton yg minta lagu berGenre selain Dangdut & kebetulan mereka minta lagu yg kalian udh kenal, misal Salsa. seumpama lagu yg ke 1 kalian tawarkan ke penonton itu & dia enggak bisa, kalian tawarin alternatif lagu lain yg berGenre Salsa tsb. Di logika penonton tsb kebanyakan adalah :
"Ohhhh, mereka musisi Dangdut, tapi ketika sy mintain lagu XXX yg berGenre Salsa dia enggak bisa, tapi dia bisa lagu ZZZ berGenre Salsa yg laen, bisa jadi dia bs lagu yg berSalsa laennya. Bagus tuh"
laen halnya klo kalian enggak mengenal Genre selain yg kalian kuasain itu, kebanyakan penonton akan berpikiran :
"ahhhh, mereka kumintain lagu yg berGenre Salsa enggak bisa, kapok ah"
ehhehehehhe :)
79. klo ada Vocalis/penyumbang lagu yg LUPA liriknya, selama kalian mampu ya setidak"nya dipandulah, tak peduli posisi kalian di apa, yg jelas tahu situasinya :)
80. akan lbh baik lagi jk seorang Vocalis itu terjun dari panggung & ngedatengin penonton yg respek dengan perform kalian, dengan begitu kalian mempunyai nilai + dihadapan mereka. yaaaa, ajak bernyanyi bareng, bercanda ato apa aja yg penting jangan kelewatan :)
81. biasanya dlm perform itu sering ada/banyak penonton yg ikut"an mejeng dibelakan personelnya, kalian suruh mereka turun aja drpd ntar panggungnya roboh ato kesetrum ato apa aja, ehehehehehe.....
82. buat tukang SON SISTEM, jangan terpancing sm knob volumenya Kibod (external), krn biasanya ada kibordis yg volumenya tampak jelas di set full/notog, eeeee ternyata itu hanya akal"an aja, krn biasanya dlm parameter internal kibod itu ada mixer utk pengaturan volume, nah klo kelak ada suaranya yg tiba" keras, bisa jadi kibordis itu main curang, ehehehehehehehehe.........
83. untuk mengatasi lagu yg enggak ngerti Chordnya, jangan teriak" krn itu percuma aja sebab ketika perform, suara personelnya pasti lbh lirih dibandingkan instrumentnya. biasakan memberikan tanda/aba"/kode yg berupa Jari tangan kita, untuk melambangkan Chord/Nadanya, drpd dianggap SOK sama penonton :)
84. nah, jk suatu saat kalian perform di tempat yg banyak orang asingnya & ternyata kalian mengalami kendala dlm pengucapan bahasanya, kalian bisa menambahkan FX delay/Echo pd MIC. mungkin saran ini dianggap mengada", tapi jk anda dpt menyikapinya dengan cermat, bisa aja menganggap masukan ini masuk akal, eheheheh :)
85. jk anda mengenal lagu permintaan penonton, namun klo anda tidak suka lagu itu, anda HARUS tetap membawakan lagu tsb. Ingat, anda menjual JASA, bukan berdiri diatas IDEALISme :)
86. klo ada lagu yg anda mainkan tiba" di protes sm penonton yg bilang klo melodynya beda, jawab aja contoh : "Ohhhh, lagu ini yg Versi ke XX nya XXX ini pak". yg banyak terjadi setelah berkata tsb, penonton itu memaklumi, pdhl kalimat tsb BELUM TENTU benar, ehheheheheheh :)
87. klo anda adalah player pemula, hindari minta fasilitas yg berlebihan kpd tempat anda perform, contohnya dikit" minta dijemput pake Mobil. manja banget sih ? ehehehehhe....
88. jk ada lagu yg diprediksi dpt membuat penonton ikut bernyanyi bersama, berilah nada dasar yg ADIL, maksudnya nada dasar tsb dpt dibawakan oleh Pria & Wanita.
89. buat personel apa aja yg perform di panggung, mohon agar enggak membelakangi sound kontrol, biar enggak mengganggu pendengaran teman yg lagi perform.
90. sering sy jumpain ada orang laen yg ikutan mejeng di panggung, lbh baik orang tsb disuruh turun aja kecuali jk orang tsb benar" dibutuhkan, krn bukannya enggak mungkin keberadaan orang laen itu dpt mengganggu perform anda & membuat citra dlm video perform anda menjadi minus :)
91. hindari candaan yg berunsur SARA, krn bukannya enggak mungkin nama baik anda akan dicap menjadi minus & bs membuat perform anda menjadi berantakan.
92. lbh baik anda tdk menyebut instansi/siapa aja yg tdk berperan dlm perform anda, krn bukannya tdk mungkin jk instansi/cafe tempat anda perform itu akan tersinggung pd ucapan anda tsb :)
93. buat kibordis, jangan menaruh media MMC/Disket/FlashDisk anda diatas spiker, krn magnet spiker tsb dpt membuat media anda KO. :)
94. buat gitaris dlm Genre Langgam Jawa berScale Pelog & Slendro, hindari genjrengan, tapi maenkan polanya sesuai Scalenya.
95. buat drummer, jk Genre yg dimainkan adalah Dangdut, hindari tendangan pd Kick/Bass Drum, krn akan berpengaruh pd DHUTnya si Ketipung/Tabla.
96. buat player Organ Tunggal/Electone, arahkan penyanyi anda agar mengenal lagu" daerah, tdk melulu lagu" yg umum/pasaran aja.
97. buat MC, jangan kebiasaan memimpin acara dlm kondisi konsep yg enggak jelas, lbh baik sblm acara dimulai, anda mengkonfirmasi/meminta petunjuk apa aja materi yg akan dijalankan pd acara itu.
98. buat tukang SON SISTEM, tolong agar memberikan BackSound utk masing" personel yg lagi perform, jangan cukup memberikan sound control aja :) utk volume Back Sound harus imbang dengan Sound Control, utk volume mereka HARUS lbh keras dibandingkan Sound Buang, duh bahasanya apa ya ? gak tau sy, wkwkwkwk.....
99. untuk player/personel yg instrumentnya laptop/perangkat eksternal digital, agar suara yg anda tekan & bunyinya selaras, pakai soundcard eksternal utk menghindari latency / jeda waktu.
100. enggak kerasa ini point yg ke SERATUS, ehehehhehehe..... semoga teman" semua dapat memahami hal" tsb dengan BIJAK.
yaaaaaaahhh, apa yg sy ketik diatas adalah solusi daripada enggak ada jalan keluarnya :) udah ah, capek ngetiknya. ehehehehhehe....
salam
becaksinting